Rabu, 09 November 2016

KRITIK ARSITEKTUR : BANGUNAN MEGAH PADA DAERAH PESISIR

  • KRITIK PENAFSIRAN      : Banyak pendapatnya dan lebih fleksibel. Proses menafsirkan secara subjektif dalam                                                           menanggapi sebuah karya menghasilkan sebuah kritikan yang cenderung memberikan                                                           pandangan baru.

§  Kritik Advokasi          : Mencari plusnya/positifnya, Pembelaan tanggapan negatif dalam sebuah karya, tersaji                                       dalam sebuah kritikan yang menunjukan hal positif dari karya tersebut,
§  Kritik Evokatif           : Menggugah apa yang dirasakan, Mengangkat kelebihan/sisi baik suatu karya bertujuan                                       untuk menggugah daya tarik terhadap karya tersebut dengan sebuah pendapat secara                                            emosional.
§  Kritik Impresionistik : Kesan yang didapat, untuk memperbaiki apa yang telah dibuat. Memberikan suatu kesan                                    terhadap sebuah karya sehingga dapat mempengaruhi untuk membuat sebuah karya                                              yang lebih baik lagi.
  • KRITIK DESKRIPTIF      : Hanya menggambarkan yang ada, yang dilihat yang dideskripsikan. Pendeskipsian                                                              sebuah karya dalam proses merespon apa yang dilihat yang dipengaruhi                                                                                  dengan apa yang diketahu dan diyakini.

§  Kritik Penjelasann    : Memberikan gambaran terhadap sebuah karya dalam bentuk grafis, verbal dan                                                     prosedural. Mengungkapkan apa yang ada dan apa yang terjadi sebenarnya.
§  Kritik Biografis         : Mengutamakan/mementingkan gambaran perjalanan hidup dan minat creator yang                                              mempengaruhi karyanya. 
§  Kritik Kontekstual    : Membahas mengenai konteks pengaruh sosial, politik, ekonomi dan budaya terhadap                                           sebuah karya arsitektur sehingga dapat terpengaruhi langgam/gaya bangunan.

KRITIK ARSITEKTUR : HOTEL PENCAKAR LANGIT PADA KAWASAN TEPI PANTAI
Opera sydney. sumber: http://3.bp.blogspot.com/
        PROFIL
view opera sydney. sumber: http://2.bp.blogspot.com/
   
Gedung Opera Sydney di Sydney, New South Wales adalah salah satu bangunan abad ke-20 yang paling unik dan terkenal. Gedung ini terletak di Bennelong Point di Sydney Harbour dekat Sydney Harbour Bridge dan pemandangan kedua bangunan ini menjadi ikon tersendiri bagi Australia. Bagi jutaan turis yang datang, gedung ini memiliki daya tarik dalam bentuknya yang seperti cangkang.


BENTUK
maket opera sydney. sumber: http://4.bp.blogspot.com/
Desain gedung opera ini berbentuk mirip cangkang yang dilapisi dengan keramik putih Swedia, membuat pantulan sinar matahari dari fajar hingga senja menghasilkan nuansa artistik. Perusahaan engineering Ove Arup dan Partners digandeng untuk mewujudkan desain di atas kertas menjadi sebuah konstruksi real. 


FUNGSI DAN TEMPAT
opera sydney malam. sumber: http://1.bp.blogspot.com/
    Selain sebagai objek pariwisata, gedung ini juga menjadi tempat berbagai pertunjukkan teater, balet, dan berbagai seni lainnya. Gedung ini dikelola oleh Opera House Trust dan menjadi markas bagi Opera Australia, Sydney Theatre Company, dan Sydney Symphony Orchestra.Desainnya didapat dari sebuah kompetisi yang dimenangkan oleh Jørn Utzon dari Denmark pada tahun 1955. Utzon sendiri datang ke Sydney untuk supervisi pada 1957.Gedung ini juga masuk kedalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2007.
      The Sydney Opera House terus melakukan fungsinya sebagai kelas dunia pertunjukan seni pusat. Rencana Konservasi menentukan kebutuhan untuk menyeimbangkan peran bangunan sebagai monumen arsitektur dan sebagai negara pusat seni pertunjukan, dengan demikian mempertahankan keasliannya penggunaan dan fungsi. Perhatian diberikan untuk mempertahankan keaslian bangunan memuncak dengan Rencana Konservasi dan Prinsip Desain Utzon.

KESAN DAN PENAFSIRAN BANGUNAN
tampak opera sydney. sumber:http://1.bp.blogspot.com/
     Mengunjungi opera house di Australia yang merupakan tempat wisata andalan Sydney ini memberikan kesan takjub yang mendalam.. betapa tidak, tempat bersejarah yang menjadi icon Negara tersebut dibangun pada tahun 1988 dengan gaya arsitektur yang berkelas tinggi, oleh Jorn Utzon yang memenangkan lomba desain saat itu. Dan peresmian opera house terjadi pada tanggal 20 oktober 1973. Sunggu waktu pembangunan yang cukup lama untuk maha karya terbaik dan memiliki kesan yang mendalam di hati pengunjung yang dating ke Sydney.
     Gedung opera ini menampung berbagai ruangan seperti Concert Hall, Teater Opera, Teater Drama, Playhouse, Studio, ruang Utzon, dan Forecour. Gedung ini juga memiliki sebuah studio rekaman, restoran dan bar, serta dua gerai ritel. Sydney Opera House juga sering menjadi tuan rumah bagi konferensi dan upacara penting.
        Pada tanggal 20 Oktober 1973, Ratu Elizabeth II meresmikan Sydney Opera House.
      Di tahun 2003, Sydney Opera House dimasukkan dalam Daftar Warisan Negara Bagian New South Wales berdasarkan Undang-Undang Heritage tahun 1977.
     Sedangkan tahun 2005, gedung opera ini masuk dalam Daftar Warisan Nasional di bawah Undang-undang Perlindungan Lingkungan dan Konservasi Keanekaragaman Hayati. UNESCO juga memasukkan Sydney Opera House sebagai Situs Warisan Dunia pada tanggal 28 Juni 2007.

kritikan:
            Sebuah bangunan dengan gaya arsitektur berkeslas tinggi yang berada di pesisir pulau dan hanya satu-satunya yang berdiri megah di kawasan tersebut maka menarik untuk di telaah lebih lanjut bagaimana bentuknya, fungsinya dan kesan dalam merespon potensi dan masalah yang menjadi tantangan dalam perancangannya. Gedung Opera sydney bisa dikatakan sebuah karya megah dan sukses yang ada ditahun 1988, Gedung Opera Sydney dapat menjawab tantangan-tantangan terhadap konteks tempat, bentuk dan fungsi. 


       sumber : 
https://id.wikipedia.org/wiki/Gedung_Opera_Sydney
http://aribfarraswahdan.blogspot.co.id/2013/02/gedung-opera-sydney-sydney-new-south.html
https://www.wisatania.com/opera-house-sidney
http://daulatpane.blogspot.co.id/2016/03/gedung-opera-sydney-nama-gedung-opera.html

NAMA                  : NOFAL RIAN
KELAS                 : 4TB02
NPM                     : 26313483
MATKUL              : KRITIK ARSITEKTUR
TUGAS                : TUGAS KE1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar