Minggu, 23 November 2014

green plan


Arsitektur hijau adalah konsep yang menghormati bumi dan alam semesta, sehingga dalam pembangunan gedung harus menghormati lingkungan sekitarnya sehingga keberadaan bangunan tidak akan mengganggu ekosistem dan sumber daya yang ada di sekitar gedung.


Arsitektur hijau pada dasarnya berusaha untuk menciptakan lingkungan bagi manusia sebagai pemakainya lebih menyenangkan dan memberikan nilai bagi generasi mendatang yang akan menggunakan dan ramah terhadap lingkungan ditambahkan.

Arsitek yang berlatih memakai arsitektur hijau tidak hanya dirancang tetapi juga mengurangi penggunaan energi dan polusi dan menciptakan hunian saluran, isolasi, ventilasi, dan bahan konstruksi bebas dari racun. Arsitektur hijau juga menemukan desain yang sesuai dengan kesehatan klien, banyak yang beralih, dan kadang-kadang bahkan mengembangkan gaya hidup spiritual dan karena arsitek tersebut menciptakan desain yang merupakan dasar bagi filsafat 'hijau' hidup.

  Pada arsitektur bangunan hijau dapat ditemukan banyak sumber efisiensi, pengurangan penggunaan energi, meningkatkan dan kemudahan daur ulang, memaksimalkan cahaya alami dan pemandangan luar bangunan, pengurangan medan elekrtomagnetik, meningkatkan kualitas air dan udara luar, sementara klien merasa lebih baik karena mereka sedang merangkul lingkungan bersih alami.

Menurut Brenda dan Robert Vale pemahaman Green Architecture

• Definisi umum
Arsitektur hijau merupakan paradigma arsitektur yang memperhatikan dan mengambil keuntungan dari empat elemen alam dasar yang ada dalam lingkungannya dan dapat menciptakan hubungan yang saling menguntungkan dengan alam:
a. Air: suhu, angin, iklim, dan lain-lain
b. Air: Air, kelembaban, dll
c. Api: sun, elemen panas, dll
d. Bumi: bumi elemen faktor, habitat, flora dan fauna, dll

• Definisi khusus
Green Architecture merupakan paradigma arsitektur yang memperhatikan unsur-unsur alam yang ada di situs yang akan digunakan.


sumber : http://jungearchitekt.blogspot.com/2012/04/green-architecture-arsitektur-hijau.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar